Sob, pernah ga sih dibuat pusing gara-gara tagihan servis motor membengkak? Biasanya, biaya servis motor jadi mahal karena banyak penggantian komponen atau perbaikan yang enggak diperhitungkan sebelumnya.
Kejadian seperti itu umumnya terjadi karena pemilik motor kurang peka sama kondisi motornya. Ya memang wajar sih, karena memang sulit mendeteksi kerusakan-kerusakan di sepeda motor.
Nah, Supaya tagihan servis ngga membengkak, kita mulai dengan menjadwalkan perawatan motor dan menyiapkan biayanya dengan cermat. Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan sebelum membawa motor ke bengkel.
1. Kita rencanakan dulu jenis servis dan komponen yang ingin diganti.
2. Prioritaskan perawatan yang rutin, antara lain ganti oli dan tune-up.
3. Buat jadwal penggantian komponen yang bersifat fast moving, di antaranya kampas rem, busi, filter udara, filter oli, rantai atau van belt, dan sebagainya. Komponen fast moving perlu diganti dalam periode waktu atau jarak tertentu. Buat mengetahui masa pakai komponen, lihat di buku manual sepeda motor atau konsultasi dengan mekanik perihal masa pakainya.
4. Untuk mengetahui masalah dan prakiraan biaya perbaikan motor, Sobat bisa juga memanfaatkan fitur Smart Inspection Otomoto. Hanya dengan menjadwalkan inspeksi di bengkel terdekat dari rumah atau tempat kerja lewat aplikasi Otomoto. Selanjutnya datang ke bengkel, dan motor akan diperiksa oleh mekanik yang yang sudah terlatih.
Hasil Smart Inspection Otomoto bakal menunjukkan keadaan motor Sobat. Ada rincian komponen-komponen yang mesti diganti, berikut prakiraan harganya. Selain itu, ditampilkan pula prakiraan harga jual motor baik untuk dijual ke dealer atau pengguna langsung.

Jika sudah tahu apa saja yang mesti diganti dan berapa biayanya, jangan menunda-nunda untuk memperbaiki motor. Kalau kerusakan dibiarkan dan semakin parah, nantinya biaya perbaikan malah jadi tambah banyak.
Selain mencegah pembengkakan biaya servis, dengan Smart Inspection Otomoto, Sobat bisa menjaga performa motor tetap prima. Dengan begitu Sobat semakin nyaman mengendarai motor untuk beraktivitas.